Kamis, 09 Februari 2017

CONTOH PROFIL USAHA PARIWISATA


I
Latar Belakang
Pariwisata merupakan sektor yang bisa menunjang kemajuan suatu daerah, terutama dengan adanya peraturan mengenai otonomi daerah. Kebijakan ini diberlakukan atas dasar masyarakat daerah memiliki modal yang dapat diandalkan untuk kemajuan daerahnya, salah satunya dengan kegiatan pariwisata. Misalnya wisata  budaya,  wisata sejarah , wisata alam atau buatan yang menarik, wista belanja, wisata keagamaan.
Minimnya pengetahuan atau informasi yang dimiliki oleh Wisatawan tentang suatu objek wisata menyebabkan menurunnya niat untuk melakukan kegiatan wisata. Untuk memilih obyek wisata yang tepat, dibutuhkan sebuah sarana  pemberi informasi dalam bidang kepariwisataan yang diharapkan dapat digunakan untuk mendapatkan informasi.
Perusahaan penyedia jasa informasi wisata adalah perusahaan yang tepat untuk menjawab keluhan wisatawan dalam hal mendapatkan informasi mengenai suatu tempat wisata. Perusahaan penyedia jasa informasi wisata menyediakan jasa pemberian informasi pada suatu tempat wisata dengan penyediaan data, berita, feature, foto, video, dan hasil penelitian mengenai kepariwisataan yang disebarkan dalam bentuk bahan cetak dan/atau elektronik.







II       Profil Usaha
Profil Perusahaan
Nama Perusahaan                    :           PT. ADVENTURE INFORMATION
Jenis Perusahaan                     :           Perusahaan Jasa
Alamat                                                :           jl.Denpasar Gilimanuk, Selemadeg, Tabanan
Owner / Manajer Umum         :           I Gede Adi Setiawan
Manajer Pemasaran                 :           I Wayan Gunadi        
Manajer Keuangan                  :           I Gede Oka Mahendra
Manajer Pelaksanaan               :           Pande Putu Andika Setiawan
Staf lainnya                             :           8 orang
Visi dan Misi
Visi      :   Menjadi pusat pemberi informasi tepat, jelas dan akurat untuk wisatawan dalam melakukan kegiatan wisata ke suatu tempat.
Misi    : menyediakan media informasi dan promosi yang unik, menarik, jelas,       lengkap dan sesuai kebutuhan wisatawan.











III     Rencana Usaha


Nama Usaha
Usaha yang saya dirikan adalah jasa penyedia informasi wisata dengan nama  PT. ADVENTURE INFORMATION yang beralamat di jl.Denpasar Gilimanuk, Selemadeg, Tabanan. Alasan saya memilih nama ADVENTURE INFORMATION ini karena jasa yang saya tawarkan adalah penyedia informasi bagi wisatawan yang ingin melakukan kegiatan wisata pada suatu objek wisata.

Tempat Usaha
Dengan melakukan research dan berbagai pertimbangan, tempat usaha yang saya pilih adalah jl.Denpasar Gilimanuk, Selemadeg, Tabanan. Daerah ini saya perhatikan strategis karena tempatnya dipinggir jalan raya yang ramai orang-orang dan padat penduduk. Selain itu tempat ini berada didalam kabupaten tabanan yang menyediakan banyak tempat-tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Waktu Operasional
perusahaan ini akan saya buka hari senin sampai jumat dari jam 08:00 sampai jam 17:00, perusahan saya buka dari hari senin sampai hari jumat karena kebanyakan wisatawan akan berwisata di akhir pekan yaitu sabtu dan minggu, sehingga sebelum mereka melakukan kegiatan wisata mereka dapat mengunjungi perusahaan saya untuk mendapatkan informasi.

Anggaran Dana
Rencana anggaran dana yang akan digunakan kurang lebih sejumlah Rp950.000.000 (Sembilan ratus lima puluh juta rupiah) dengan perincian sebagaimana yang akan saya jelaskan kemudian. Prinsip yang digunakan dalam usaha ini adalah persentase proporsional terhadap dana yang ditanamkan demi keberlangsungan usaha ini. Pelaksana operasional memiliki persentase sejumlah sekian persen dari omset bulanan Dan akan berubah seiring perkembangan waktu dan kondisi, seperti terjadi loss/rugi di bulan-bulan awal, terjadi Break Event Point, penambahan biaya operasional, dan lain sebagainya. Perjanjian kerjasama ini bersifat mengikat dan dapat berubah setelah melalui pembicaraan secara hukum yang berlaku.



















IV     Produk atau Jasa
dalam memberikan informasi, perusahaan saya menyediakan layanan jasa berupa :
1.      Informasi Media Cetak
Informasi data wisata yang tertuang pada media cetak seperti peta wilayah, gambaran tentang suatu tempat wisata, dan kondisi iklim suhu dan kelembapan di suatu tempat wisata.
2.      Informasi Media Elektronik
Informasi yang disediakan perusahaan di media elektronik berupa peta digital yang dapat diakses dengan komputer, situs web resmi dari perusahaan yang berisikan informasi lengkap tentang tempat wisata, foto digital tentang keadaan suatu objek wisata dan video dokumenter tentang gambaran sesungguhnya dan daya tarik yang dimiliki oleh suatu tempat wisata.
3.      Informasi lain
Informasi lain juga bisa didapatkan secara langsung dari data-data yang dimiliki oleh perusahaan tentang tempat tempat wisata yang ingin dicari dan semua informasi yang perusahaan sediakan berdasarkan fakta dan keadaan sebenarnya.











V.      Analisis SWOT


1.       Kekuatan
*        Memiliki cara penyajian informasi yang unik dan menarik
*        Memiliki data yang lengkap dan tepat
*        Dalam pelayanan, perusahaan akan melayani pelanggan sampai puas mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

2.      Kelemahan
*        karena informasi yang perusahaan beri sangat lengkap, unik dan berdesain mewah, maka untuk biaya yang harus dibayarkan relative tinggi.
*        Perusahaan adventure information ini tidak menyediakan jasa pemandu wisata sehingga pelanggan hanya mengandalkan informasi yang didapat langsung dari perusahaan saja.
 
3.       Peluang
*        dapat mempromosikan keberadaan dari suatu tempat wisata ke seluruh dunia
*        semakin bertambahnya wisatawan yang berkunjung pada suatu tempat wisata
*        persaingan antar tempat wisata dalam menyediakan daya tarik akan semakin maju

4.       Tantangan
*        semakin berkembangnya suatu tempat wisata maka informasi yang perusahaan berikan harus semakin update sehingga informasi seperti video documenter memiliki masa berlaku
*        persaingan dengan perusahaan sejenis lainnya sangat ketat, mengingat dari perusahaan saya sendiri belum menyediakan jasa pemandu wisata


VI. Pemasaran


1.      Target pasar
Karena Perusahaan saya buka jl.Denpasar Gilimanuk, Selemadeg, Tabanan, yang juga merupakan daerah wisata alam maka target pasar dari perusahaan adventure information ini adalah para wisatawan domestik maupun mancanegara. Target pasar saya juga untuk lingkup kawasan menengah ke atas.
2.      Metode Pemasaran
Metode pemasaran yang akan saya gunakan adalah dengan promosi menggunakan Sosial Media, Website dan media cetak seperti Koran dan majalah.



VII Anggaran

Estimasi Anggaran Biaya
KETERANGAN
HARGA
JUMLAH

1.
Modal Perusahaan
 Rp100.000.000
 Rp100.000.000

2.
Tanah seluas 50m2  di tabanan
 Rp5.000.000/m2
 Rp500.000.000

3.
Bangunan seluas 20m2 di tabanan
 Rp100.000.000
 Rp100.000.000

4.
Inventaris Usaha
 Rp100.000.000
 Rp100.000.000

5.
Ijin
 Rp50.000.000
 Rp50.000.000

7.
Lain-lain
 Rp100.000.000
 Rp100.000.000

Total Estimasi Aset Tetap
 Rp950.000.000





Tidak ada komentar:

Posting Komentar